Wajah siswa dan siswi tampak ceria dengan senyum segar. Berkali-kali mereka mengeluarkan senyum yang lepas tanpa ada beban. Wajah mereka yang ceria dan segar tersorot kamera shooting secara bergantian melalui sorot kamera yang kemudian terpampang secara real time pada layar videotron sebagai back ground panggung kehormatan.

Wajah segar dengan senyum ceria itu adalah wajah siswa dan siswi SMAN 1 Sumenep kelas XII yang hadir mengikuti prosesi Purnawiyata. Sebanyak 280 dari 348 siswa dan siswi dilepas dan diserahkan kembali kepada orang tua masing-masing. Penyerahan itu dilakukan melalui acara Purnawiyata yang digelar di gedung KORPRI Pemkab Sumenep pada hari Kamis (23/5/2024).

Purnawiyata SMANSA 2024 dihadiri dan disaksikan oleh banyak orang. Terpantau hadir pada acara itu yaitu siswa dan siswi kelas XII sebagai peserta, kepala sekolah, jajaran Wakasek, seluruh wali kelas XII, para guru, Tata Administrasi Sekolah (TAS) juga para orang tua atau wali. Turut hadir duduk di kursi undangan yaitu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Cabang Dinas Kabupaten Sumenep. Terdapat juga Bupati Sumenep yang diwakili oleh kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah, para kepala sekolah SMA dan SMK negeri se-Sumenep, juga ketua komite SMA Negeri 1 Sumenep.

Purnawiyata SMANSA 2024 dimulai pada pukul 07.30 wib dengan acara Kirap Purnawiyata. Seluruh peserta memasuki gedung dengan didahului oleh kepala sekolah, para wakasek dan wali kelas. Setelah semua berada pada posisi masing-masing, Kepala sekolah membuka secara resmi sidang Purnawiyata tahun ajaran 2023-2024.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep Drs. Rafiudin, M.Pd. tampil berbicara sebagai penyampai sambutan pertama. Rafiudin dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh wali murid dan orang tua siswa kelas XII. Sebab acara ini bisa terselenggara atas kerjasama dari para orangtua.

“Acara Purnawiyata tahun 2024 yang meriah ini 100 persen biayanya dari orangtua siswa. Dari atas panggung ini saya mengucapkan terimakasih yang mendalam kepada seluruh orangtua atau wali siswa”. Rafiudin menyampaikan secara lantang dihadapan seluruh orangtua siswa dan dihadapan Kacabdin Sumenep termasuk para pejabat yang hadir.

Tampil sebagai sambutan kedua yaitu ketua komite SMA Negeri 1 Sumenep. Sebagai ketua kemite ia mendukung semua kegiatan baik yang dilakukan oleh sekolah. Ia juga menghimbau kepada orang tua agar mendukung sepenuhnya terhadap seluruh program yang bertujuan untuk memajukan sekolah dan membangun prestasi siswa.

“Sekolah ini harus didukung untuk bisa maju, jangan malah cari salah”, ujar ketua komite yang juga berprofesi sebagai praktisi hukum itu.

Kepala Cabang Dinas atau Kacabdin tampil sebagai pemberi sambutan ketiga. Ia mengatakan bahwa usia SMAN 1 Sumenep sebagai lembaga pendidikan cukuplah tua. Alumninya banyak tersebar dan mengisi seluruh bidang kehidupan di Kabupaten Sumenep hingga ke nasional.

“Alumni SMAN 1 Sumenep banyak berkiprah dalam masyarakat dan pemerintahan. Hampir semua bidang pasti ada atau diisi oleh alumni SMAN 1 Sumenep”. Kacabdin menyampaikan peran dari para lulusan SMAN 1 Sumenep seraya memberikan motivasi kepada seluruh peserta Purnawiyata.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Bupati Sumenep yang diwakili oleh Kepala Riset dan Inovasi Daerah. Atas nama bupati, kepala Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sumenep menyampaikan rasa bangganya karena telah ditunjuk oleh bupati untuk mewakili beliau. “Hal ini tak lain, sebab saya adalah alumni SMAN 1 Sumenep”, ujar Benny, demikian biasa dipanggil.

Pada akhir sambutannya, kepala Riset dan Inovasi Daerah mengajak seluruh peserta Purnawiyata agar membekali dan menyiapkan dirinya dengan skil dan keilmuan.

“Beberapa tahun kedepan kalian akan berpartisipasi dalam masa kejayaan Indonesia Emas tahun 2045. Kalian semua harus terlibat dan berperan pada masa Indonesia Emas itu”. Kepala Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sumenep mengakhiri sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan pelulusan siswa dan siswi SMAN 1 Sumenep tahun pelajaran 2023-2024 oleh Wakasek Kurikulum Welly Indrayanto M.Pd. Sebanyak 348 siswa dan siswi dinyatakan lulus pada tahun pelajaran 2023-2024.

Setelah itu MC memanggil satu persatu peserta Purnawiyata maju dan naik ke atas panggung kehormatan. Di atas panggung para peserta Purnawiyata menerima map ijazah, selanjutnya mereka dikalungkan medali kelulusan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Sumenep. Semuanya dipanggil maju dan naik ke atas panggung.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman siswa dan siswi berprestasi. Terpilih sebagai siswa dengan prestasi Akademik IPA yaitu Athilla Ahmad Albany kelas MIPA 8, sedang prestasi Akademik IPS yaitu Maulana Abhista Muhammad Rafiq kelas IPS 1. Siswa dengan prestasi Pengembangan diri yaitu Deme Wahyuni kelas MIPA 2, dan siswa berprestasi bidang Olahraga adalah Ayu Amalia Septiasari kelas MIPA 7, sedangkan Sherina Waqdy Alfiddah Mubaroq kelas MIPA 5 ditetapkan sebagai siswa berprestasi bidang Seni.

Sambutan perwakilan siswa peserta Purnawiyata Wiyata disampaikan oleh Novrio Mahendra siswa kelas XII IPA 2. Rio, demikian dipanggil, dari podium kehormatan menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh guru yang telah mendidik dan membimbing. Ia juga memohon maaf kepada guru jika tidak seperti yang diharapkan.

Dalam sambutan perwakilannya Novrio menutup dengan empat bait pantun. Dua diantara empat bait yaitu:

“Daun buah pohon simalakama
Dibuang orang tentunya sudah
Tak terasa tiga tahun bersama
Tiba saatnya kita berpisah”

Sedang bait pantun kedua berbunyi:

“Biji selasih pohon gaharu
Dimakan saja janganlah dibuang
Terimakasih kepada bapak ibu guru
Jasa baiknya pasti akan aku kenang”

Novrio menutup pidato sambutannya dengan lugas, suasana cair dan sangat berkesan. Untaian bait pantun menjadi kenangan indah pada puncak pengembaraan intelektualnya di bangku SMAN 1 Sumenep.

Gelaran acara Purnawiyata selesai pada pukul 11:15 wib. Kepala Sekolah menutup secara resmi acara Purnawiyata dengan ketokan palu dari atas panggung kehormatan. Selanjutnya, kepala sekolah kemudian diikuti oleh seluruh wakasek serta para wali kelas turun dari panggung kehormatan berjalan menuju ke luar ruangan.

Sebagai informasi, siswa dan siswi SMAN 1 Sumenep tahun pelajaran 2023-2024 yang dinyatakan lulus sejumlah 348. Acara Purnawiyata tahun 2024 SMAN 1 Sumenep dikuti oleh 280 siswa dan siswi. Sebanyak 68 siswa dan siswi tidak ikut dengan berbagai alasan.[Syafiuddin Syarif]

Leave a Comment